Jenis-jenis Tulang dan Fungsinya

Jenis-jenis TulangJenis-jenis tulang – Tulang merupakan kerangka pembentuk tubuh dan juga tempat menempelnya daging, kulit, dan otot. Dengan adanya tulang juga kita dapat bergerak, karena tulang merupakan alat gerak pasif yang membutuhkan bantuan otot untuk bergerak. Berdasarkan jenisnya, tulang manusia dibagi menjadi 2 yaitu tulang rawan (kartilago) dan tulang keras (osteon).

Jenis-jenis Tulang

Tulang rawan atau kartilago merupakan tulang yang banyak dijumpai pada bayi, bahkan yang masih dalam kandungan, dan juga anak-anak. Tulang rawan merupakan cikal-bakal terbentuknya tulang keras (osteon), karena seiring dengan pertumbuhan seorang anak tulang rawan tersebut akan tumbuh menjadi tulang keras. Tetapi tidak semua tulang rawan itu berubah. Pada orang dewasa, tulang rawan terdapat pada hidung, daun telinga, persendian, dan bagian-bagian tertentu lainnya. Tulang rawan dibagi menjadi tiga jenis yaitu tulang rawan hialin, elastik, dan fibrosa.

Tulang keras atau yang disebut juga dengan osteon ini, merupakan tempat melekatnya otot. Dengan inilah tulang dapat digerakan. Sumsum tulang juga terdapat pada bagian dalamnya yang berupa sumsum kuning berfungsi sebagai tempat untuk penimbunan lemak dan sumsum merah sebagai tempat untuk pembuatan sel darah merah.

Tulang keras merupakan unsur utama pembentuk tubuh seperti halnya tulang betis, tulang paha, tulang pinggang, tulang rusuk, tulang lengan, dan lain sebagainya yang saling terhubung. Dengan adanya tulang ini tubuh kita menjadi satu kesatuan yang utuh. Inilah jenis-jenis tulang pada tubuh kita.

Recent search terms:

  • fungsi tulang dada dan bagiannya
  • jenis jenis tulang pada manusia dan fungsinya secara kumplit
  • jenis tulang dan fungsinya
Jenis-jenis Tulang dan Fungsinya | Sheena | 4.5